Mengelola KAIZEN di perusahaan

Aktivitas Kaizen dalam sebuah perusahaan harus dikelola dan dijaga dengan baik, supaya berjalan berkesinambungan. Tugas manajemen dalam sudut pandang penyempurnaan kualitas KAIZEN adalah :
  1. Mengelola dan menjaga terhadap aktivitas bisnis yang sedang berlangsung untuk memperoleh hasil dan keuntungan
  2. Mengelola KAIZEN untuk menyempurnakan proses dan sistem yang berkait dengan manajemen antar fungsi dan penyebar luasan kebijakan. Sasaran dari tugas manajemen ini adalah selain keuntungan yang lebih besar juga penyempurnaan umum dalam bidang pengembangan karyawan, kepuasan pelanggan, layanan pelanggan, pemastian mutu, pengendalian biaya, volume, pengendalian penyerahan dan pengembangan produk baru (QCDSM)

Ada 3 fokus utama yang pusat  siklus PDCA dalam proses penyempurnaan manajemen, yaitu Kualitas, Biaya dan Penyerahan (Delivery) atau disingkat QCD (Quality, Cost dan Delivey). Seluruh kegiatan perusahaan baik dari stategi dan perencanaan, perencanaan produk, desain, produksi sampai pemasaran menuju kepada standar mutu yang tinggi, biaya yang efisien dan penyerahan tepat waktu dan jumlah.

Untuk memastikan bahwa seluruh lini memahami kebijakan perusahaan, maka dilakukan penyebarluasan dan sosialiasi aktivitas KAIZEN. Kebijakan ini menyangkut orientasi perusahaan jangka menengah dan jangka panjang. Setelah menejemen puncak menetapkan kebijakan tahunan (KPI), selanjutnya disosialisasikan ke manajemen di bawahnya. Lalu menejemen dibawahnya menjabarkan kebiajakan menjadi target yang jelas dan terukur sehingga dapat dilaksanakan oleh semua karyawan (Shop floor).

Setelah kebijakan disosialisasikan dan difahami sampai kepada semua karyawan (Shop floor), maka, maka pihak manajemen puncak melakukan audit kebijakan (Penilaian berkala). Penilaian dilakukan terhadap seluruh proses, apakah semua perbaikan Kaizen sudah berjalan atau belum. Tujuannya adalah untuk mengetahui apa yang salah, bukan siapa yang salah, untuk selanjutnya dilakukan penyempurnaan apabila masih ditemukan ketidaknormalan.

Selanjutnya, untuk menjaga aktivitas Kaizen berjalan dengan baik dan berkesinambungan, maka dibuatlah forum untuk selebrasi Kaizen. Forum Forum ini tujuannya untuk melakukan penilaian aktivitas Kaizen masing masing kelompok untuk dicari yang terbaik dan diberi reward. Forum ini dibeberapa perusahaan manufaktur dinamakan Konvensi.

Beberapa nama Konvensi perusahaan di Indonesia, untuk Astra Otopart Group disebut Quality Convention, lalu untu Astra Group adalah Inov Astra, untuk Grup Toyota dinamakan TMClub, untuk Triputra group dinamaka Triputra Improvement Forum, Indofood group dengan Cipta, dan lainnya. Untuk event nasional adalah TKMPN, sementara event internasional adalah ICQCC.


Tidak ada komentar: