Produsen velg aluminium untuk Astra Honda Motor

Velg vario terbaru

Apa saja yang berubah dari Honda vario terbaru facelift kali ini? Selain body, lampu depan, lampu belakang juga model velgnya. Model velg adalah yang paling sering berganti saat peluncuran maupun penyegaran sebuah motor, karena bagian yang paling mudah terlihat adalah velg.

Sebagian besar motor baru di Indonesia, sudah menggunakan velg alloy/aluminium yang biasa juga disebut velg racing. Bahkan untuk produsesn seperti Honda, di atas 80% sudah menggunakan velg alloy aluminium, sisanya menggunakan velg jari. Bagian velg adalah bagian yang sangat penting untuk sebuah kendaraan bermotor, bersentuhan langsung dengan jalan sehingga harus mampu menopang beban pengendara, maka kekuatan sebuah velg sangat penting. 

Astra Honda Motor, dalam memproduksi sepeda motornya mempercayakan kepada 4 produsen velg, yaitu Pako, Enkei, Excel dan HTI


Mungkin terdengar asing nama Pako dibandingkan produsesn lainnya, namun Pako grup adalah salah satu produsesn velg alloy aluminium besar di Indonesia. Pako sudah menjadi suplier Astra Honda Motor sejak sekitar tahun 2007. Produk Pako dipakai hampir semua tipe motor matic nya Honda, bebek dan motor sport dan juga dipakai untuk produk ekspornya Astra Honda Motor. Pabrik Pako terletak di Kawasan Industri Surya Cipta Karawang

Selain menjadi produsesn OEM (Part asli pabrikan), Pako juga mempunya produk after market kelas medium dan premium. Melalui merk dagang Fortis Wheels, Pako mengembangkan model velg dengan desain terkini dan kualitas terbaik.



Enkei adalah pemain velg ternama dari Jepang. Di Indonesia Enkei mempunyai pabrik di  Kawasan Bekasi International Industrial Estate, Jalan Inti II No.C11-8, Cikarang Selatan, Cibatu, Cikarang Sel., Bekasi.  Sama halnya dengan Pako, Enkei juga menjadi suplier velg alloy aluminium untuk Astra Honda Motor untuk beberapa jenis motornya.


Produsen selanjutnya yang suplai ke Astra Honda Motor adalah Excel. Di Indonesia mempunyai pabrik dengan nama PT Excel Metal Industry yang beralamat di Jalan Akses Tol Cibitung No. 82 Cibitung. Excel adalah pemain velg lama di Indonesia.



Terakhir adalah Hondra Trading (HTI), suplier velg alloy aluminium Astra Honda Motor Indonesia. HTI mengambil velg dari China untuk dijual ke Astra Honda Motor di Indonesia. Di bagian spoke velgnya biasanya ada tulisan ZL itu adalah kepanjangan dari Zhong Liang, salah satu produsen velg alloy aluminium terbesar di China.

Jadi, kalau kalian pengen mengetahui velg produksi mana yang ada di sepeda motor honda kalian, langsung aja cek di bagian spoke/jari velg nya, pasti ada nama nama seperti di atas.

Baca juga :





Tidak ada komentar: