3 jurus mengurangi kemacetan exit tol Karawang Barat - Badami

Kemacetan di daerah badami pada jam kerja baik saat berangkat kerja maupun pulang kerja sudah luar biasa sekali. Dari exit tol karawang barat 2 sampai pertigaan LSI bisa ditempuh 30 menit sendiri pada saat jam 17.00 - 18.30, hal ini disebabkan ada persimpangan jalan menuju kawasan KIIC, dimana kendaran keluar masuk kawasan, baik kendaran prbadi, bus jemputan karyawan dan truk ekspedisi.

Rupanya, pemerintah sudah melakukan antisipasi kemacetan tersebut dengan membangun berbagai infrastruktur di jalan by pass Badami Karawang Barat. Hal ini dilakukan bertahap dan dimulai dari awal Oktober 2017 sampai akhir Desember 2017, ada juga yang masih dalam tahan pengkajian seperti rencana pembangunan underpass KIIC

Berikut setidaknya ada 3 hal yang dilakukan untuk mengurangi kemacetan di daerah KIIC dan Badami Karawang Barat.

1. Penambahan pintu keluar tol Karawang Barat 2
Gerbang tol Karawang Barat 2, saat ini sudah memiliki 3 pintu masuk dan 3 pintu keluar, namun pada saat jam kritis, antrian keluar tol Karawang Barat 2 bisa sampai 2 KM. Maka dari itu, Jasa Marga mulai melakukan penambahan pintu tol keluar, yang awalnya hanya 3 pintu tol menjadi 5 pintu tol keluar. Pembangunan pintu tol Karawang Barat 2 ini di mulai sejak awal Oktober 2017.

Penambahan pintu tol Karaba 2

2. Pelebaran jalan Badami Perumnas sampai Kampung Budaya
Selain gerbang tol, sumber kemacetan adalah persimpangan/pertigaan ke arah Perumnas dan Galuh Mas, bahkan setiap jam kritis, Polisi lalu lintas melakukan rekayasa lalu lintas dengan memutar kendaraan dari arah By Pass ke arah bunderan masjid Perumnas. Untuk itu, dilakukan pelebaran jalan dengan penambahan 2 lajur di sebelah kanan dan  lajur disebelah kiri. Pelebaran jalan ini dilakukan beberapa tahap, tahap pertama dari pertigaan LSI sampai Kampung Budaya. Pelebaran jalan ini di mulai sejak awal Oktober 2017 sampai akhir Desember 2017.

Pelebaran jalan depan LSI

3. Rencana pembuatan underpass KIIC
Perempatan pintu masuk Kawasan KIIC adalah sumber macet saat jam masuk dan pulang kerja. Beberapa waktu lalu, ada rencana pembanguna underpass di perempatan KIIC untuk menghindari kemacetan. Pada saat nanti gerbang tol Karawang Barat 2 sudah jadi 5 pintu keluar dan pelebaran jalan Badami Perumnas sudah selesai, maka perlu sekali segera diwujudkan pembanguna underpass KIIC. Kemungkinan underpass ini akan dibangun pada tahun 2018.


Tidak ada komentar: